Cara menyembuhkan masuk angin. - Kekancandotcom -->

Cara menyembuhkan masuk angin.

Perubahan musim yang sulit diprediksi menyebabkan perubahan suhu dan cuaca yang berubah-ubah.Keadaan seperti ini sering meyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.Entah itu tubuh cepat lelah,pilek,batuk,flu atau masuk angin.
Masuk angin ini sendiri adalah penyakit yang paling sering dialami.Namun terkadang banyak orang masih menganggap remeh terhadap penyakit ini.Meskipun tergolong penyakit ringan terkadang masuk angin juga bisa mengakibatkan kematian bagi penderitanya.Jadi apapun jenis penyakit yang kita derita harus cepat-cepat diobati ya sobat.

Di daerah saya tepatnya di pulau jawa penyakit masuk angin sering disembuhkan dengan kerokan.Budaya ini sudah turun temurun dari simbah-simbah dahulu kala.Pokoknya tiap badan terasa kedinginan entah itu karena kehujanan,capek kerja atau habis perjalanan jauh kerokan menjadi tehnik pengobatan yang selalu diandalkan.

Gejala awal masuk angin.

Penyakit ini sudah dikenal secara turun temurun.Gejala awal penyakit ini biasanya adalah badan terasa pegal-pegal,meriang,keringat dingin,perut kembung dan lain-lain.

Bila sobat merasa bahwa terserang penyakit ini segera diobati tanpa harus menunggu semakin parah.Karene sepele apapun penyakit bila tidak segera di tangani akan berakibat sangat buruk bagi tubuh sobat.

Ada beberapa cara mengobati penyakit ini.Berikut adalah cara-cara yang paling ampuh untuk mengusir masuk angin.

Minyak kayu putih.
Minyak kayu putih mempunyai aroma yang khas.Aroma ini terkadang digunakakan untuk melegakan hidung tersumbat.Untuk mengobati masuk angin cukup anda mengoleskan minyak kayu putih di area perut,dada,leher dan kening disertai pijatan-pijatan yang ringan.

Bawang merah dan Bawang putih.
Bawang merah dan Bawang putih ini lazimnya merupakan jenis-jenis dari bumbu masakan.Namun jangan salah selain fungsi diatas bahan-bahan ini memili khasiat lain.Salah satunya adalah untuk menyembuhkan masuk angin.Cara penggunaannya dengan mengoleskan parutan Bawang merah dan Bawang putih secara merata di area dada untuk balita.Sedang untuk orang dewasa bisa langsung di konsumsi secara langsung atau dimasukan dalam masakan.

Menggunakan jahe.
Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang terdapat di indonesia.Jahe dapat digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur.Selain itu jahe juga dapat di gunakan untu meredakan masuk angin.Cara penggunaannya adalah dengan memarut jahe secukupnya lalu direbus dalam air panas.Kemudian air rebusan tersebut disaring lalu di minum.Atau bisa juga jahe di bakar kemudian di pukul sampai memar kemudian diseduh dengan air panas.Tambahkan gula menurut selera.

Menggunakan daun pepaya.
Daun pepaya mempunyai berbagai khasiat.Salah satunya adalah dapat menyembuhkan masuk angin.Ada dua cara dalam menggunakan bahan ini.Yang pertama adalah dengan memasak daun pepaya ini untuk dikonsumsi.Dapat ditumis,di urap dan sebagainya.Yang kedua dengan merebus daun pepaya ini lalu diambil airnya untuk diminum.Dari dua cara di atas cara yang kedua lebih ampuh.

Dengan kerokan.
Kerokan adalah cara tradisional untuk mengobati masuk angin.Secara medis kerokan juga efektif mengobati masuk angin.Bagian-bagian tubuh yang boleh di kerok adalah bagian pugung,leher,dada dan perut.Sebaiknya dalam menggunakan cara ini juga harus berhati-hati.Karena bila terlalu keras dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah.

Cara diatas memang efektif untuk mencegah masuk angin.Namun sebelum masuk angin menyerang kita dapat mencegah penyakit ini.Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.Ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit ini.
Hal-hal tersebut diantaranya adalah:

  • Hindari kafein dan nikotin.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Selalu gunakan jaket,masker dan penutup kepala saat berpergian.
  • Hindari alkohol.
  • Konsumsi vitamin secukupnya.
  • Olahraga teratur.


Sebenarnya cukup gampang untuk mempraktekan cara-cara di atas.Namun bila tak kunjung sembuh segera pergi ke dokter.Oke sobat cukup sekian semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara menyembuhkan masuk angin."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel